Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Toyota Fortuner

Salah satu kendaraan favorit di kelas SUV adalah Toyota Fortuner. Yang mana mobil ini memiliki tampilan yang gagah dengan ketangguhan dalam melintasi segala medan jalan. Kendaraan ini juga cukup laris di pasar Indonesia, bahkan dalam kondisi bekas pun masih menjadi incaran para penggemarnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berencana membeli Toyota Fortuner bekas. Toyota Fortuner pertama kali diperkenalkan dengan mengandalkan mesin diesel, jadi jangan heran jika mesin bensin tetap kehilangan pamornya. Namun perlu diketahui bahwa Fortuner dengan mesin diesel juga sangat diminati, hal ini dikarenakan mesinnya yang sangat halus dengan sistem penggerak 4×4 atau all four wheel drive.

Bagi yang memiliki budget terbatas, bisa membeli Toyota Fortuner bekas sebagai solusinya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Toyota Fortuner bekas agar mendapatkan yang berkualitas.

Bagian suspensi

Ada beberapa konsumen yang mengeluhkan bahwa Toyota Fortuner memiliki bantingan suspensi yang cukup keras. Oleh karena itu banyak pengguna yang melakukan modifikasi dengan mengganti pegas siput dengan pegas tipe progresif dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

Pegas dengan jenis ini memiliki ulir dengan kerapatan yang berbeda antara bagian bawah dan atas, selain itu berguna untuk membuat suspensi menjadi lunak. Jadi dengan mengecek bagian suspensi bisa diketahui apakah masih menggunakan yang bawaan atau sudah diganti.

Eksterior

Perlu dilakukan pengecekan saat membeli Toyota Fortuner bekas yaitu bagian eksterior. Dengan bodi yang besar terkadang membuat pemilik mobil saat berbelok atau melewati jalan yang sempit. Jadi bisa jadi banyak goresan yang timbul karena terbentur bahu jalan atau yang lainnya.

Kualitas Bahan Bakar

Tentu saja, meskipun pembeli mobil bekas, mereka tidak ingin banyak goresan di bodi. Oleh karena itu, pengecekan bagian ini juga cukup penting. Dalam penggunaan bahan bakar harus terjamin kualitasnya baik bahan bakar bensin maupun solar.

Untuk berapa oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan, Anda bisa melihat di buku manual pemilik mobil. Perlu diketahui bahwa penggunaan bahan bakar solar pada mesin diesel Fortuner dengan 48 cetane dapat merusak mesin dalam jangka panjang. Ada baiknya untuk melihat seberapa banyak yang direkomendasikan dan menggunakannya.

Dasbor

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat membeli Toyota Fortuner bekas adalah bagian dashboard. Jadi bagi anda yang berniat untuk memboyongnya harus memperhatikan bagian ini, jika ingin merubahnya menjadi lebih menarik anda bisa melakukan modifikasi kecil-kecilan. Namun, jika menginginkan mobil mewah, Anda bisa membeli kendaraan dengan harga fortuner di atas Rp. 300 jutaan, tapi bukan SUV dengan tampilan gagah dan bodi bongsor.

Kursi baris ketiga

Seperti diketahui, Toyota Fortuner memiliki kapasitas penumpang 7 orang dengan 3 baris kursi. Namun ada keluhan yang datang dari konsumen, dimana hawa dingin dari Ac Mobil tidak sampai ke penumpang baris ketiga. Pasalnya, desain dan posisi kisi-kisi AC pada plafon mobil tidak bisa menghembuskan udara secara maksimal hingga jok baris ketiga.

Dengan mengetahui beberapa hal di atas sebelum membeli Toyota Fortuner bekas secara cash maupun kredit Fortuner, bagaimana menurut Anda? Bisa jadi mobil yang Anda beli tidak mengalami masalah di atas dan semuanya bekerja dengan maksimal.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli Toyota Fortuner bekas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan