Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2, Halaman 50 51 54 55

Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD/MI Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 halaman 51 52 dan Pembelajaran 2 halaman 54 55. Buku Tematik ini merupakan Buku Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dengan Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 2, Pembelajaran 1 halaman 51 52 dan Pembelajaran 2 halaman 54 55. Pada Subtema 2 membahas tentang Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.

Ingat, semua kunci jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai pembanding jawaban dari orangtua maupun anak terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya. Sebaiknya, orangtua dan anak membaca terlebih dahulu setiap soal serta mendampingi anak memahami maknanya sebelum melihat pada kunci jawaban ini. Kupu kupu

Kupu kupu termasuk dalam kelompok serangga. Kupu kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu kupu tidak berbahaya bagi manusia. Daur hidup kupu kupu bermula dari telur yang melekat di daun, kemudian matang dan menetas setelah 5 sampai dengan 10 hari dan menjadi larva (ulat). Setelah 2 minggu, larva (ulat) membentuk kepompong yang bergantung di ranting atau daun selama 2 sampai dengan 3 minggu. Setelah beberapa waktu, kupu kupu dewasa keluar dari kepompong. Kupu kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga bunga berkembang menjadi buah. Bagi petani dan orang pada umumnya, kupu kupu ini sangat bermanfaat untuk membantu penyerbukan tanaman.

Kupu kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu kupu dari negara lain. Tidak sedikit penggemar kupu kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu kupu sering terjadi. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup kupu kupu maupun makhluk lainnya. Tahukah kamu manfaat kupu kupu?

Kupu kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut. 1. Apa akibatnya apabila kupu kupu punah? Jika kupu kupu punah maka proses penyerbukan tanaman menjadi terganggu, sehingga tanaman tidak dapat berbunga dan berbuah.

2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu kupu? Cara untuk melindungi kupu kupu yaitu dengan tidak melakukan perburuan kupu kupu, serta menjaga lingkungan terutama tanaman dan bunga bunga. 3. Di mana kupu kupu hidup? Jelaskan.

Kupu kupu hidup di bawah daun. Mereka meletakkan telur di bawah daun untuk melindungi larva yang menetas dari telur. Kemudian, larva kupu kupu memakan daun daun sebelum akhirnya menjadi kepompong, lalu kupu kupu. Kupu kupu hidup dengan cara memakan nektar dari bunga, sehingga proses tersebut membantu proses penyerbukan dari bunga satu ke bunga yang lain.

Sehingga, kupu kupu mudah ditemukan di taman bunga. Dayu dan Si Mungil Sudah sejak lama Dayu ingin punya hewan peliharaan. Dayu ingin memelihara kucing. Dulu, ibu berjanji Dayu boleh memelihara kucing ketika Dayu sudah cukup besar.

Kata ibu, Dayu bisa mempunyai hewan peliharaan jika sudah mandiri dan bisa bertanggung jawab. Sekarang Dayu sudah kelas 4 SD. Senang sekali hatinya ketika suatu hari ibu memberinya izin untuk memelihara seekor kucing. Setiap sore, kucing belang berwarna hitam cokelat itu berkeliaran di halaman rumah Dayu. Dayu memberinya nama Si Mungil, sesuai dengan tubuh mungilnya. Benar kata ibu, ternyata memelihara hewan membutuhkan tanggung jawab. Seandainya Dayu masih kecil, belum mandiri dan belum bisa mengurus dirinya sendiri, tentu Si Mungil menjadi tidak terurus.

Setiap hari, Dayu bertanggung jawab untuk memberi makan Si Mungil. Dayu juga harus menjalankan kewajiban untuk membersihkan kotoran Si Mungil. Ibu juga meminta Dayu untuk rutin membersihkan keranjang tidur Si Mungil. Dayu pun menjalankannya dengan senang hati. Ia sayang pada Si Mungil. Dayu tahu, ia harus memberi hak Si Mungil untuk hidup terurus, nyaman, dan senang tinggal bersama Dayu. Ibu memberi Dayu hak memelihara hewan. Dayu pun harus menjalankan kewajiban untuk mengurus kebutuhan Si Mungil.

1. Hewan apa yang dipelihara Dayu? Dayu memelihara kucing yang diberi nama Si Mungil. 2. Bagaimana perasaan Dayu ketika memelihara hewan peliharaan?

Dayu sangat bahagia memiliki seekor kucing. 3. Apa yang dilakukan Dayu terhadap hewan peliharaannya? Dayu merawat kucingnya dengan baik. Ia memberinya makan, membersihkan kotorannya, dan menyayangi kucingnya.

4. Apakah Dayu sudah mendapatkan haknya? Jelaskan. Ya. Dayu sudah mendapatkan haknya untuk memelihara seekor kucing. 5. Apakah Dayu sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan.

Ya. Dayu sudah melaksanakan kewajibannya untuk merawat kucingnya, memberi makan, membersihkan kotoran, dan menyayanginya. 6. Apakah Dayu sudah melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang? Ya. Dayu sudah melaksanakan hak dan kewajibannya dengan seimbang.

Ia berhasil membagi waktu untuk merawat kucing dan bertanggungjawab mengurus semua kebutuhan Si Mungil, kucingnya. Berita lain terkait Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan