Pernah Mengalami Kaki Dingin? Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya – SehatQ

Sebagian besar orang mempercayai bahwa kaki dingin merupakan indikasi adanya penyakit diabetes. Apalagi jika dalam kondisi bersuhu rendah atau tidak memakai AC. 

Kaki mengalami dingin, orang akan beranggapan bahwa terkena penyakit diabetes. Lantas apakah benar bahwa kondisi tersebut ada kaitanya dengan diabetes? Nah, daripada Anda bingung yuk segera konsultasi ke sehatq

 

Apakah penyebab penyakit diabetes? Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya

Sebagian besar pasien yang sudah didiagnosa terkena diabetes pada umumnya tidak mengetahui gejala yang ditimbulkan. Seperti kaki dingin, namun biasanya penderita akan mengalami volume urine yang sangat tinggi, sering merasa haus dan berat badan menjadi turun. 

Pada kenyataannya hal itu adalah sebuah mitos. Sebab orang yang terkena penyakit diabetes tidak mengetahuinya. 

Biasanya akan sangat terlambat untuk teridentifikasi. Contohnya rasa haus, berat badan turun dan banyak makan.

Jika penderita diabetes mengalami sebuah dingin pada area kaki, itu adalah penyakit komplikasi. Dimana ditimbulkan adanya Pembuluh darah yang tersumbat atau adanya penyakit lain bersarang dalam tubuh.

Ciri-ciri Penyakit Diabetes Yang Menyebabkan kaki dingin

Biasanya bagi penderita diabetes apabila mengalami kaki dingin artinya dalam tubuh telah terjadi penyakit komplikasi. Salah satu penyakit tersebut adalah akibat adanya kerusakan saraf. 

Selain itu  terdapat pula gejala mati rasa atau kesemutan yang dialami pada kaki mereka. Dengan demikian Anda harus berhati-hati. Apabila terjadi adanya cedera atau luka.

Nah, bagi Anda yang mengalami kebingungan mengenai mengapa pada area kaki terasa sangat dingin pada suhu yang normal. Apakah hal demikian merupakan mitos ataukah penyebab adanya penyakit diabetes beserta komplikasinya?

Sirkulasi Buruk 

Ada yang beranggapan bahwa pasien tersebut memiliki sebuah kondisi sirkulasi udara pada kaki di bagian bawah yang buruk. Sebab penyakit diabetes erat kaitannya dengan faktor tentang sirkulasi buruk.

Pada pembuluh darah pasien diabetes tipe 2 telah mengalami rusak. Disebabkan kadar darah yang melebihi batas normal. Inilah menyebabkan adanya pembentukan plak mengakibatkan darah tidak mampu mentransfer ke sel-sel seluruh tubuh.

Diabetes erat hubungannya dengan masalah kaki 

Artikel kesehatan menyebutkan bahwa glukosa dalam darah yang meningkat dapat merusak bagian sensasi pada kaki. Inilah mengapa sakit dingin dapat mempengaruhi sirkulasi darah ke kaki.

Tanpa adanya darah maka akan mengalami luka. Kemudian kram serta nyeri pada tungkai kaki. 

Apabila masalah tersebut tidak dialami dapat menyebabkan infeksi lebih parah lagi. Kaki akan diamputasi, hal itu dapat dihindari apabila mendapatkan perawatan yang sangat baik.

Diabetes identik dengan darah kulit yang lebih rendah

Orang yang menderita diabetes akan mengalami aliran darah pada kulit yang lebih rendah. Sehingga akan merespon berkeringat jika terkena paparan panas. Konsekuensi yang terjadi pada regulasi kardiovaskuler serta adanya kontrol glikemik. 

Dapat meminimalkan Kehilangan Rasa Panas 

Penderita diabetes dapat meminimalkan kehilangan panas yang dicapai dengan vasokonstriksi perifer atau peningkatan produksi panas. Dimana dapat dimunculkan adanya termogenesis menggigil dan tidak menggigil. 

Efek paparan dingin

Penelitian tentang efek kaki dingin terhadap pasien penderita diabetes tipe 2. Terkait adanya potensi terapeutiknya di mana merupakan sebuah pertahanan fisiologis. 

Dimana merupakan cara dalam pencegahan suhu turun. Selama terkena paparan dingin. Hal itu merupakan tingkat sebuah produktivitas panas metabolik yang sangat tinggi. Di mana disebabkan oleh thermogenesis menggigil atau tidak menggigil.

Informasi mengenai kaki dingin, di mana erat hubungannya dengan penyakit tubuh yang disebut dengan diabetes. Bagi penderita yang mengalami Penyakit ini selalu terkena komplikasi. 

Salah satunya adalah rusaknya saraf kaki akibat pasokan darah yang memburuk. 

 

Untuk. mendapatkan Informasi tentang  artikel kesehatan lainnya anda bisa mengunjungi halaman sehatQ.

Tinggalkan Balasan