Serba Perdana Kala Italia Segel Titel Juara Grup A Euro 2020 – Pilihan Mancini Bukan Kaleng-kaleng

Serba perdana mewarnai keberhasilan Italia menyegel titel juara grup A Euro 2020. Italia memastikan langkah mereka ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai juara Grup A setelah mengalahkan Wales di Stadion Olimpico lewat skor 1 0, Senin (21/6/2021) dini hari WIB. Satu satunya gol yang tercipta pada laga kali ini dilesakkan oleh Matteo Pessina (39') memanfaatkan assist yang disodorkan oleh Marco Verratti.

Dengan kemenangan ini, Gli Azzurri julukan Italia, menutup fase grup dengan koleksi sembilan poin. Italia sukses menyapu tiga laga perdana Euro 2020 dengan kemenangan. Rinciannya ialah menang atas Turki (3 0), unggul kala melawan Swiss (3 0) dan terbaru memukul mundur Swiss (1 0).

Di sisi lain, Wales sendiri meski kalah dari Italia berhak untuk melenggang ke babak selanjutnya. Gareth Bale cs menjadi pendamping dari Italia untuk melangkah ke babak 16 besar Euro 2020. The Dragons julukan Wales berada di urutan kedua dengan koleksi empat poin.

Meski memiliki jumlah angka yang sama dengan Swiss, namun Aaron Ramsey cs memiliki keunggulan untuk selisih gol. Terlepas dari itu, serba perdana mewarnai kemenangan Italia atas Wales di matchday pamungkas grup A Euro 2020. Gelandang milik Atalanta ini menjadi pahlawan bagi Italia dengan sumbangan satu golnya ke gawang Wales.

Dilansir dari laman William Hill, penampilan ini menjadi debut seorang Pessina bagi Timnas Italia di ajang kompetisi resmi. Selain laga perdana dan debut perdana sebagai starter, ia juga mencetak gol perdana bagi Gli Azzurri. Di sisi lain, Pessina sendiri sejatinya sebagai opsi kedua yang disiapkan oleh Roberto Mancini untuk ajang Euro 2020.

Ia masuk ke skuat Gli Azzurri karena menggantikan posisi Stefano Sensi yang harus keluar akibat cedera yang ia alami. Dengan sumbangsih nyata yang diberikan oleh Pessina di debut perdananya bersama Gli Azzurri, menunjukkan bahwa pilihan seorang Roberto Mancini tidaklah kaleng kaleng (sembarangan). Marco Verratti absen pada dua pertandingan sebelumnya bersama Italia.

Cedera yang dialami oleh gelandang PSG ini membuatnya harus menunda turun lapangan bersama Gli Azzurri. Baru di laga melawan Wales, ia menandai debut perdananya di ajang Euro 2020. Tampil sebagai starter untuk kali pertama, Verratti langsung menunjukkan magisnya.

Marco Verratti sukses mengkreasikan assist perdananya untuk gol Pessina pada turnamen empat tahunan ini. Pada laga melawan Wales, Roberto Mancini mengambil keputusan yang tergolong berani dengan mengubah susunan pemainnya. Sebanyak delapan wajah baru diturunkan oleh Mancini sejak menit awal laga.

Tiga pemain inti yang tetap dipertahankan oleh Mancini pada laga tersebut ialah Gianluigi Donnarumma, Jorginho dan Leonardo Bonucci. Dilansir dari laman Opta Paolo, pergantian delapan pemain dalam starting line up baru pertama kali dilakukan oleh Italia pada edisi turnamen resmi. Baik Itu Piala Dunia maupun gelaran Euro.

Tinggalkan Balasan