Yuk, Kenalan dengan Minuman Nikmat Khas Labuan Bajo

Saat merencanakan trip ke Labuan Bajo bersama teman-teman, hal apa yang wajib dilakukan di sana? Berenang? Snorkeling? Selfie di pantai? Semua hal tersebut memang wajib kamu lakukan di Labuan Bajo. Tapi ada satu yang juga penting dilakukan di sana. Apa itu?

Wisata kuliner! Travel Labuan Bajo rasanya belum sah jika tidak wisata kuliner menikmati hidangan khasnya. Mulai dari kolo, jagung bose, rumpu rampe, hingga se’i yang kini sudah terkenal seantero Indonesia. Makanan tersebut mungkin sudah familiar di telinga. Namun bagaimana dengan minuman khasnya?

Psst, Labuan Bajo juga memiliki minuman khas yang unik dan tidak ada di tempat lain, lho. Penasaran apa saja minuman tersebut? Simak di bawah berikut, yuk!

 

Kopi Flores Bajawa

 

Para penyuka kopi, mari merapat. Kopi Flores Bajawa berasal dari daerah Bajawa yang ditanam di lereng pegunungan Inie Rie. Gunung Inie Rie adalah gunung berapi yang masih aktif, jadi mempengaruhi tanah menjadi lebih subur dan otomatis kualitas kopinya jauh lebih baik. Kopi Flores Bajawa memiliki aroma kayu yang kuat dan eksotis dengan cita rasa yang cukup kuat. Tingkat keasamannya juga seimbang dan kadar airnya mencapai 13% sehingga aman untuk dikonsumsi.

 

Kopi Flores Manggarai

Yup, kopi Flores memang ada dua, yakni Bajawa dan Manggarai. Perbedaan daerah tempat ditanam menghasilkan biji kopi dengan rasa dan karakteristik yang berbeda. Kopi Manggarai sendiri ternyata sudah mulai diproduksi sejak masa penjajahan. Tidak heran jika kopi Manggarai ini dijadikan komoditi kopi terbaik dunia yang dikirim dari Indonesia. Kopi Manggarai terbagi menjadi kopi robusta dan kopi arabika. Namun yang menjadi favorit bahkan hingga diekspor ke beberapa negara adalah kopi arabikanya. Kopi Manggarai jenis arabika mempunyai cita rasa lembut beraroma fruity. Cita rasa seperti ini yang menjadikan kopi Manggarai disukai para penikmat kopi ringan.

 

Susu jagung

Jagung bisa dijadikan susu? Nah, kreasi unik nan menyehatkan inilah yang digagas oleh Kelompok Ibu-ibu Ca Nai (Satu Hati) yang berasal dari Wae Kelambu, Komodo, Manggarai Barat. Susu jagung sendiri sebenarnya adalah jagung muda yang dijus bersama dengan susu cair. Rasanya tentu manis dan menyegarkan. Tapi yang lebih penting adalah minuman ini bisa mencegah dari penyakit diabetes dan menjaga kekebalan tubuh.

 

Moke

Minuman ini tidak dianjurkan bagi kamu yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Moke adalah minuman tradisional yang terbuat dari pohon enau dan pohon lontar. Minuman ini dibuat dengan cara penyulingan buah dan bunga pohon enau dan lontar melalui proses yang masih tradisional. Bagi masyarakat Flores, moke adalah simbol persaudaraan dan pergaulan. Jadi mereka biasanya mengonsumsi moke bersama-sama sambil mengudap lepeng atau camilan.

Tinggalkan Balasan