Festival Budaya di Seluruh Indonesia

Indonesia memiliki berbagai tradisi dan kebudayaan eksis di Tanah Air. Banyak perhelatan festival budaya bisa jadi media pembelajaran yang pas mengenai tradisi-tradisi tersebut

Terdapat banyak sekali festival di Indonesia yang kerap dijadikan acara tahunan. Berikut ini beberapa festival budaya di Indonesia:

1. Festival Erau Kertanegara di Tenggarong

Sejarah dan budaya Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur dipentaskan pada Festival Erau Kartanegara. Festival ini bertujuan untuk melestarikan budaya warisan kesultanan Kutai dan digelar pada pertengahan tahun (Juni – Juli) setiap dua tahun sekali di Kota Tenggarong.

Dalam festival ini dapat menyaksikan beragam atraksi dan kegiatan. Ada rangkaian upacara adat Dayak, seperti nyagahatan untuk menandai musim tanam dan panen. Ada  juga pertunjukkan tari-tarian khas Kutai, seperti tari Jepen dan tari Ganjur dan permainan ketangkasan tradisional (seperti gasing). Kemudian ditutup dengan upacara Berlimbur yang menampilkan pemandangan rakyat berkumpul di tepi sungai Mahakam untuk menyucikan diri dengan air.

 

2. Festival Lembah Baliem di Raja Ampat

Di Raja Ampat terdapat Festival Lembah Baliem yang menyajikan tradisi perang antara suku Dani, Lani, dan Yali lengkap dengan ritual, musik, dan tari-tarian yang jadi pemanasan sebelum mereka terjun ke medan perang.

Festival Lembah Baliem dilakukan selama tiga hari di bulan Agustus setiap tahunnya, kamu bisa mengecek jadwalnya di situs resmi Festival Lembah Baliem.

 

3. Festival Lombat Batu di Nias

Kabupaten di Sumatera Utara ini memiliki tradisi dengan melakukan pelompatan batu setinggi 2,1 meter lebih dan setebal 40cm. Berdasarkan sejarah dulu tiap suku mendirikan benteng pertahanan yang tinggi untuk mencegah serangan musuh, dan suku Suku Nias kemudian memiliki solusi untuk belajar melompati batu (fahombo) demi menaklukkan lawan. Saat ini ritual tersebut dilakukan untuk melambangkan transisi pemuda menuju kedewasaan.

 

4. Gandrung Sewu di Banyuwangi

Kota dengan pantai terindah di pulau jawa ini  melakukan Festival Budaya untuk melestarikan tarian Gandrung asal Banyuwangi dengan pentas tari yang melibatkan lebih dari 1000 penari. Betapa megah Festival Kebudayaan Indonesia satu ini. Tarian Gandrung adalah tarian tradisional yang melambangkan penghormatan terhadap Dewi Sri.

 

5. Pekan Batik Nusantara di Pekalongan

Salah satu festival budaya di Indonesia adalah Pekan Batik Nusantara di Pekalongan, Jawa Tengah. Kota yang populer sebagai kota batik yang terkenal dengan motif jlamprang dan semen sebagai motif batik andalan. Tujuannya untuk melestarikan warisan seni batik nusantara (terutama batik tulis dan cap). Pekan Batik Nusantara ini diadakan setiap bulan Oktober. Festival budaya  ini menampilkan pameran, batik workshop tentang dunia batik, talkshow, hingga fashion show.

Menariknya, di Festival kebudayaan ini juga diselenggarakan melibatkan kreasi batik modern anak-anak sekolah, hingga fashion show  dengan skala yang sangat besar.

 

Tinggalkan Balasan